Jumat, 15 November 2013

Serial Ultraman yang Pernah Tayang di Indonesia

Sejak pertama kali hadir tahun 1991, serial tokusatsu Ultraman merupakan serial tokusatsu yang paling sering hadir di layar kaca Indonesia, bahkan melebihi serial Kamen Rider yang sangat populer sekalipun. Total serial kamen rider yang pernah disiarkan di Indonesia hanya 9 seri, sedangkan Ultraman mencapai 11 seri.

Anehnya, yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah serial Ultra Seven yang disiarkan di TVRI tahun 1991, sedangkan original Ultraman (Shodai Urotoraman) yang merupakan Ultraman pertama, baru disiarkan di RCTI 3 tahun kemudian pada tahun 1994. Untuk sekedar mengenang nostalgia bersama serial Ultraman yang pernah hadir menemani kita.

Berikut ane hadirkan daftar serial Ultraman yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia :

1. Ultra Seven


Judul. : Ultra Seven
Tahun Penayangan : 1991
Stasiun Tv. : TVRI
Pertama Tayang. : 1 Oktober 1967 - 8 September 1968
Saluran Asli. : TBS

Ultra Seven merupakan serial Ultraman yang disiarkan pertama kali di Indonesia sebelum Ultraman (padahal Ultra Seven merupakan generasi ketiga dari serial ultra). Baru 3 tahun setelahnya, serial Ultraman (original/shodai) disiarkan. Disiarkan pertama kali tahun 1967 menyusul kesuksesan pendahulunya, Ultraman yang menjadi acara televisi bergenre fantasi yang paling populer. Banyak yang keliru menyebutnya dengan nama Ultraman Seven, padahal nama yang sebenarnya adalah Ultra Seven. Keunikan lainnya ada di senjatanya yang menancap di kepalanya (Eye Slugger) yang khas dan kostumnya yang jauh berbeda dengan pendahulunya.

2. Ultraman


Judul : Ultraman/Shodai Urutoraman/Original Ultraman
Tahun Penayangan : 1994
Stasiun Tv : RCTI
Pertama Tayang : 17 Juli 1966 - 9 April 1967
Saluran Asli : TBS

Merupakan serial Ultraman pertama (jika serial Ultra Q yang menampilkan sosok Ultraman pertama kali tidak dihitung). Menampilkan tokoh pahlawan berukuran raksasa bernama Ultraman, berasal dari Nebula 78. Ketika mengejar monster bernama Bemular, Ultraman menabrak hancur pesawat yang ditumpangi manusia bernama Shin Hayata. Agar Hayata tetap hidup, Ultraman pun bergabung menjadi satu dengan Hayata dan tinggal di bumi. Setiap kali monster menyerang bumi, Hayata akan berubah menjadi Ultraman untuk mengalahkan monster-monster tersebut. Serial ini mulai masuk ke Indonesia tahun 1994. Disiarkan tiap sore bersama dengan serial anime Saint Seiya di stasiun televisi RCTI.

3. Ultraman Ace


Judul : Ultraman Ace
Tahun Penayangan : 1996
Stasiun Tv : TVRI
Pertama Tayang : 7 April 1972 - 30 Maret 1973
Saluran Asli : TBS

Merupakan seri ke-5 dari serial ultra. Disiarkan pertama kali tahun 1972 sebanyak 52 episode. Kelebihan dari serial ini adalah kemunculan pendahulunya dalam episode serial ini, seperti Ultraman, Ultra Seven, Ultraman Jack, dan Zoffy. Keunikan lainnya adalah bahwa wujud manusia dari Ultraman Ace adalah dua orang yakni Seiji Hokuto dan Yuuko Minami. Ultraman Ace hanya bisa muncul jika dua sejoli tadi bergabung dengan media transformasi berupa cincin Ultra Ring. Mungkin itulah alasan kenapa bentuk rupa Ultraman Ace tampak agak "cantik".

4. Ultraman Taro


Judul. : Ultraman Taro
Tahun Penayangan : 1996-97
Stasiun Tv. : SCTV
Pertama Tayang. : 6 April 1973 - 5 April 1974
Saluran Asli. : TBS

Dalam sejarah serial Ultra, silsilah Ultraman Taro adalah yang paling jelas. Bagaimana tidak, dia adalah satu-satunya yang memiliki keluarga, yakni Father of Ultra dan Mother of Ultra. Ultraman Taro merupakan generasi ke-6 dari serial Ultra. Disiarkan pertama kali di Jepang pada tanggal 6 April 1973 sampai 5 April 1974 dengan total 53 episode. Di Indonesia, serial ini ditayangkan di SCTV pada tahun 1996 hingga 1997, merupakan serial yang mengawali rangkaian serial Ultraman yang ditayangkan stasiun televisi tersebut. Ultraman Taro bersama Ultra Brothers (Ultraman sampai Ultraman Ace) menjadi Ultraman yang paling banyak muncul dalam episode-episode crossover.

5. Ultraman Leo


Judul. : Ultraman Leo
Tahun Penayangan : 1997-98
Stasiun Tv. : SCTV
Pertama Tayang. : 12 April 1974 - 28 Maret 1975
Saluran Asli. : TBS

Berbeda dari Ultraman-Ultraman terdahulu yang berasal dari Nebula M-78, Ultraman Leo berasal dari Nebula L77 (Konstelasi Leo) dan mempunyai saudara kembar bernama Ultraman Astra. Namun serangan Alien Magma (yang saat itu menjadi musuh Ultraseven), L77 pun hancur, memaksa Leo mengungsi ke bumi sementara Astra menghilang entah kemana. Ultraman Leo termasuk sering muncul dalam serial Ultraman lain, perannya yang paling menonjol adalah menjadi guru dari Ultraman Zero, anak dari Ultraseven dalam seri Mega Monster Battle. Ultraman Leo mulai disiarkan di Indonesia pada tahun 1997 hingga 1998 sebagai pengganti dari serial Ultraman Taro yang habis masa tayangnya.


6. Ultraman 80


Judul. : Ultraman 80
Tahun Penayangan : 1999
Stasiun Tv. : SCTV
Pertama Tayang. : 2 April 1980 - 25 Maret 1981
Saluran Asli : TBS

Ultraman 80 merupakan seri ke-8 dari serial Ultra dan disiarkan pertama kali tahun 1980 (mungkin karena itulah dinamakan Ultraman 80). Ultraman 80 disiarkan setelah 5 tahun sejak Ultraman Leo selesai masa penayangannya, dan memang selama 5 tahun tersebut tidak ada monster menyerang bumi jadi Ultraman tidak diperlukan dalam 5 tahun tersebut. Setelah 5 tahun berlalu, monster kembali menyerang bumi, Ultraman 80 sebagai anggota Ultra Space Garrison pun turun ke bumi, dan mengambil bentuk manusia sebagai Takeshi Yamato seorang guru sains. Ultraman 80 mempunyai teman masa kecil bernama Yullian. Setelah Ultraman 80 selesai masa tayangnya, maka berakhirlah era Ultraman Showa, Ultraman selanjutnya baru akan diproduksi 16 tahun kemudian, yakni Ultraman Tiga.

7. Ultraman Tiga


Judul : Ultraman Tiga
Tahun Penayangan : 2000
Stasiun Tv : Indosiar
Pertama Tayang : 7 September 1996 - 30 Agustus 1997
Saluran Asli : TBS, MBS

Ultraman Tiga akhirnya diproduksi setelah lebih dari 15 tahun serial Ultra berhenti diproduksi. Menjadikan Ultraman Tiga generasi ke-11 dari serial Ultra dan mengawali periode jaman Heisei Ultraman yang tentunya lebih canggih dan teknologi yang lebih modern. Karena perubahan yang sangat mencolok dari Ultraman pendahulunya (yang terpaut 15 tahun) dengan teknologi film yang canggih membuat Ultraman Tiga menjadi sangat menarik dan populer, sampai-sampai Ultraman Tiga merupakan Ultraman Heisei yang paling sering muncul dalam crossover serial selanjutnya. Mengambil setting tahun 2007-2009 dimana monster mulai menginvasi bumi, Daigo, anggota GUTS menemukan tiga patung raksasa pelindung bumi yang berusia 30.000.000 tahun. Namun sayang dua diantaranya dihancurkan monster. Akhirnya satu yang tersisa bersama cahaya kehidupan Daigo bergabung menjadi satu, yakni Ultraman Tiga.

8. Ultraman Dyna


Judul : Ultraman Dyna
Tahun Penayangan : 2001
Stasiun Tv : Indosiar
Pertama Tayang : 6 September 1997 - 29 Agustus 1998
Saluran Asli : MBS. TBS

Ultraman Dyna mengambil setting masa 9 tahun kemudian dari Ultraman Tiga. Dimana TPC yang membawahi GUTS (tempat Daigo berjuang) membuat tim baru bernama Super GUTS), tokoh utama serial ini yakni Shin Asuka merupakan anggota Super GUTS. Ketika melakukan manuver pesawat, terjadi kecelakaan yang menyebabkan Asuka terlempar dan diselamatkan oleh raksasa cahaya, nantinya mereka akan bergabung untuk melindungi bumi dari serangan monster, dengan julukan Ultraman Dyna. Serial ini ditayangkan di Jepang pada tanggal 6 September 1997 hingga 29 Agustus 1998, dan baru masuk Indonesia pada tahun 2001.

9. Ultraman Gaia


Judul : Ultraman Gaia
Tahun Penayangan : 2002, 2006
Stasiun Tv : Indosiar, Global TV
Pertama Tayang : 5 September 1998 - 28 Agustus 1999
Saluran Asli : TBS, MBS

Ultraman Gaia merupakan Ultraman ketiga dari trio Ultraman Heisei : ltraman Tiga dan Dyna. Merupakan generasi ke-13 dari serial Ultra yang ada. Ditayangkan pertama kali pada tanggal 5 September 1998 hingga 28 Agustus 1999 sebanyak 51 episode. Dalam serialnya, Ultraman Gaia memiliki teman (atau rival) bernama Ultraman Agul. Selain berbeda warna (Gaia dominan merah dan Agul dominan biru), mereka juga mempunyai perbedaan cara pandang dalam melindungi bumi. Dimana Gaia atau Takayama Gamu melindungi bumi dan manusia, sementara Fujimiya Hiroya alias Agul hanya tertarik untuk melindungi bumi, dan mengesampingkan keselamatan manusia di dalamnya.

10. Ultraman Cosmos


Judul : Ultraman Cosmos
Tahun Penayangan : 2004, 2005, 2007
Stasiun Tv : Indosiar, SCTV, Global TV
Pertama Tayang : 7 Juli 2001 - 28 September 2002
Saluran Asli : MBS/TBS

Ultraman Cosmos merupakan serial Ultraman yang paling sering diputar ulang. Setidaknya ada tiga stasiun televisi berbeda yang menyiarkan serial ini. Ultraman Cosmos sendiri adalah ultraman generasi ke-14 dari keseluruhan serial Ultraman. Terdiri dari 65 eisode dan 2 film layar lebar berjudul The first Contact dan The Blue Planet. Perbedaan dari serial Ultraman sebelumnya adalah tema pasifisme yang diangkat, membuat cerita Ultraman Cosmos lebih halus dan lembut, minim unsur kekerasan dan kerusakan. Hal ini menimbulkan pro dan kontra, dimana sangat cocok dengan pemirsa anak-anak, namun dimata pemirsa remaja dinilai sangat kekanakan.

11. Ultraman Nexus


Judul : Ultraman Nexus
Tahun Penayangan : 2008
Stasiun Tv : Indosiar
Pertama Tayang : 2 Oktober 2004 - 25 Juni 2005
Saluran Asli : TBS

Berbeda dengan Ultraman Cosmos yang diperuntukkan untuk pemirsa anak-anak, Ultraman Nexus hadir untuk pemirsa remaja hingga dewasa, dengan cerita yang lebih berat, misteri yang rumit dan sering keluar dari pakem Ultraman yang ada. Semula Ultraman Nexus diproduksi sepanjang 50 episode, namun karena rating penayangannya anjlok, terpaksa dipotong hingga hanya berjumlah 37 episode. Bahkan iklan Ultraman Max (serial Ultraman pengganti Ultraman Nexus) sudah diiklankan sejak Ultraman Nexus berjalan di episode ke-30. Di Indonesia serial Ultraman Nexus hadir pada tahun 2008 dan merupakan serial Ultraman terakhir yang pernah ditayangkan sampai sekarang.


sumber

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...