:D
Orang
Indonesia
pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan Solo, pada
tahun 1894.
Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan waktu
satu
tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak variasi
sesuai
dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil mendapat
kepercayaan
untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.
Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia. Malahan ada kabar burung, bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga Sunan Solo, disebabkan karena Sunan tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur Jenderal. Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari pabrik dan merk yang sama, Kanjeng Raden Sosrodiningrat memesan mobil Daimlernya lewat Prottel & Co.
Ni dia mobilnya ...
Orang
Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki mobil
pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk
memiliki dan
mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan nikmatnya duduk di
kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam
perjalanan
keliling Maluku. Sultan begitu terkesan dan langsung memesan sebuah
mobil yang
disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak seperti King Dick yang
beroda tiga,
tetapi Sultan Ternate menginginkan kendaraan roda empat yang bisa dibawa
kemana
saja bila ia inginkan.
Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati Berebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.
Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati Berebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.
source: http://unic77.blogspot.com/2010/09/orang-indonesia-pertama-yang-punya.html
0 komentar:
Posting Komentar